Selasa, 15 April 2014

Peluang Usaha Franchise Angkringan Sego Kucing

Salah satu karakter masyarakat generasi muda kita, khususnya di pulau Jawa adalah hobi “cangkruk” (bahasa jawanya nongkrong) plus “mendeso”. Misalnya saja, pada rumah makan yang bonafid sekalipun kadang sengaja disetting makan dengan gaya “ndeso” yaitu lesehan, keluar dari bentuk formal makan duduk di meja. Makanya tempat nongkrong “ndeso” yang disertai panganan pada prinsipnya merupakan sumber peluang bisnis yang nggak kecil jika diekspoitasi. Yang saat ini sedang mulai tumbuh dan ekspansi ke berbagai kota adalah model usaha Angkringan Sego Kucing.
Yang khas dari angkringan sego kucing sebenarnya ada pada 2 hal : sederhana (bahkan banyak yang dibentuk lesehan) dan jenis makanannya. Kalau misalnya salah satunya sudah tidak dipenuhi, kita sudah tidak bisa lagi menyebutnya sebagai angkringan sego kucing. Tapi justru pada point inilah nilai kelebihannya. Karena pasarnya adalah anak muda, maka formalitas menjadi usang. Dan “kebebasan” yang “mendeso” menjadi nilai lebih.
Konsep peluang usaha angkringan ini bisa dikembangkan lebih jauh dengan perpaduan misalnya ke arah cafe yang “lesehan”. Dengan demikian selain “makanan rakyat”, konsumen disajikan menu-menu back end untuk up sales, misalnya kopi dan makanan ringan lain yang bukan Menu Utama. Dibalut dengan fasilitas full Wi-fi, harusnya peluang usaha ini bisa menciptakan gaya hidup baru untuk kaum muda, yang kini sudah ditarik ke kebiasaan cangkruk di cafe apapun bentuknya. Hadirnya wifi tetap tidak menghancurkan konsep kesederhanaan, karena wifi itu secara fisik adalah maya, tidak terlihat, tidak menimbulkan kesan “kemapanan”, musuhnya anak muda
Memang saat ini banyak franchise sego kucing. Tapi Anda bisa saja menjadi masternya, menciptakan konsepnya dengan modifikasi lain di sana-sini, disesuaikan karakter anak muda masa kini

Peluang Usaha 2014 : Dari Offline Menuju Online

Jika Anda sedang mencari peluang usaha tahun 2014 ini, ada baiknya anda meluncur sejenak ke kantor pusat ekspedisi besar macam JNE di kota anda. Paradigma bisnis dan usaha anda pasti akan menemukan wawasan baru ketika Anda melihat begitu riuhnya para pengirim barang yang mayoritas adalah pelaku bisnis online! Akan semakin terasa greget ketika Anda mulai berdiskusi dengan mereka, bagaimana mereka yang :
  1. Tanpa memiliki produk, tapi bisa jualan online
  2. Nggak punya toko fisik, tapi omzetnya puluhan juta sebulan
  3. Nggak jago internet marketing, tapi pelanggannya seantero nusantara
That’s an Internet! Simple, tapi powerfull. Makanya saat ini banyak pelaku bisnis offline – yang sudah punya toko di mall, di pusat-pusat grosir – kini mulai juga menjamah dunia peluang usaha online. Cost-nya rendah ditambah daya jangkau yang melampaui keterbatasan geografis membuat sistem online menjadi super duper primadona.
Tahun 2013-2014 merupakan masa membludaknya pengguna internet. Ditandai dengan begitu mudahnya masyarakat terhubung ke dunia maya. Gadget ratusan ribu bisa didapat. Tablet murmer dari China membanjiri pasar lokal. Wifi dimana-mana. Dan jelas, ini adalah pasar yang menganga, minta disuap oleh produk, terlebih Indonesia masih memiliki masalah pada kemerataan distribusi produk, yang akhirnya bisa dijembatani dengan sarana online!
Kalau Anda kini adalah pelaku bisnis konvensional, katakanlah memiliki sebuah gerai sepatu, sudah sepatutnya anda melanglang buana lewat Internet, menjamah pelosok nusantara dimanapun lewat toko online. Jangan sampai di tahun 2014 ini, anda masih berkutat dengan banting-bantingan harga untuk berebut market dengan gerai di sebelah Anda! Atau katanlah anda seorang pemula yang sedang gelisah mencari peluang usaha, startlah dengan peluang usaha online. Karena dari sisi cost nggak besar, tapi terbukti selama ini menjadi media bisnis yang paling cepat memberikan ROI! Nggak sedikit orang yang kaya mendadak karena bisnis online! Tapi jelas, anda harus hati-hati dengan tawaran bisnis online yang scam tahun 2014 ini
Cobalah di tahun 2014 ini, anda membuat perencanaan melirik peluang usaha online. Dengan sikap yang realistis, dimana bisnis juga merupakan proses belajar terus menerus, pasti kelak usaha tersebut akan berbuah manis, jauh lebih manis ketimbang jika energi dan cost yang sama dialihkan dalam bentuk bisnis offline

Peluang Bisnis Waralaba Dim Sum

bisnis dim sumYang namanya bisnis kuliner tidak akan pernah kekurangan pasar. Kebutuhan fisiologis manusia yang satu ini memang sudah terlilit-lilit dengan berbagai macam ekstensialis, mulai dari cita rasa hingga gaya hidup! Salah satu jenis kuliner yang sukses memadukan hal ini adalah Dim Sum. Jenis kuliner yang – namanya – diimport dari Hongkong ini sudah akrab di lidah masyarakat Nusantara terutama yang diperkotaan. Sehingga saat ini hampir disetiap mall, kita bisa temukan beberapa konter dim sum.
Makanya, merengkuh pasar kuliner dim sum di Indonesia rasanya merupakan salah satu peluang usaha yang patut dicoba. Salah satu master waralaba dim sum yang bisa anda coba adalah dimsummbledos.com. Dengan modal yang tergolong kecil, yaitu start dari 9 juta rupiah, anda sudah bisa menjadi pengusaha dim sum di kota anda. Harga segitu sudah mencakup segala kebutuhan untuk memulai usaha, bahkan hingga sabun pencuci sekalipun!
Yang memang menjadi penting adalah lokasi atau pemilihan tempat usaha. Mall memang menjadi sasaran utama, karena ada nilai gaya hidup yang beriringan dengannya. Atau membuka kedai dim sum khusus dekat areal kampus juga bisa dijadikan alternatif, dikarenakan kaum mudalah yang paling sering menempatkan gaya hidup pada urutan terdepan

Usaha Modal Kecil : Manfaatkanlah Internet!

Salah satu modal usaha yang paling menjadi momok adalah : ruang usaha. Apalagi kalau bisnisnya memang membutuhkan “perhatian” publik. Jadi lokasi usaha harus ditempat ramai, di pasar, mall atau persimpangan jalan, yang sudah pasti biaya sewanya mahal (apalagi kalau beli!). Tapi saat ini, mulai bertebaran para pebisnis sukses yang bisa meraup puluhan juta perbulan padahal mereka hanya menjalankan usaha dan bisnis modal kecil. Tapi mereka sudah pandai mengantisipasi jaman. Mereka memanfaatkan teknologi internet untuk pemasarannya!
Jelas, pemanfaatan internet itu menghilangkan biaya sewa ruang usaha. Nggak perlu ruko, toko atau kedai. Yang diperlukan adalah media online. Itupun bisa gratis, misalnya menggunakan Facebook atau blog-blog gratis yang banyak disediakan saat ini. Dengan menggunakan internet, pelaku bisnis juga tidak perlu memakai banyak karyawan, karena kalau sudah jualan online hampir-hampir self service.
Berikut beberapa kelebihan lainnya :
  1. Luas jangkauan, nggak terbatas geografis
  2. Bisa buka 24 jam
  3. (pssst) Nggak kena pajak :D
Yang terberat dalam menekuni bisnis dengan media internet adalah pemasarannya. Kalau mau pemasaran yang gratis, anda harus belajar banyak tentang internet marketing. Tapi kalau anda merasa hanya ingin fokus pada penjualan dan managemen, serahkan saja urusan marketing kepada digital agency atau jasa internet marketing. Sekarang banyak jasa sejenis yang bisa anda temui dengan hanya googling sebentar saja.

Peluang Usaha Jualan Minuman

Setelah kami menulis tentang peluang usaha jual makanan di edisi minggu lalu, kini topik bahasannya adalah tentang peluang usaha jual minuman. Kalau anda sering ke mall, pasti anda akan sering lihat counter kecil-kecil atau gerobak yang menjual minuman instan, macam teh (ya yang paling banyak adalah kedai teh instant). Dengan modal hanya sekitar 5 juta saja anda bisa memiliki gerobak + hak usaha bisnis minuman itu. Yang jadi masalah adalah memang : persaingan.
Tapi kalau anda jeli dan rajin mencari peluang, anda bisa saja mencari market yang sedikit berbeda. Misalnya : sekolahan, kantin kantor dan sejenisnya. Dimana pada jam-jam tertentu anda sudah memiliki pelanggan tetap. Pengalaman beberapa pebisnis minuman teh macam ini mereka bisa BEP dalam waktu tidak sampai 3 bulan. Lumayan kan?
Anda bisa membuat list-list lokasi mana yang bisa anda “jajah” untuk berjualan minuman. Kalau modal anda besar, anda bisa langsung buka di beberapa tempat sekaligus. Tapi kalau modal terbatas, anda bisa melakukan rotasi modal. Untung dari gerobak yang satu, digunakan untuk buka gerobak yang lain.
Sebagai sebuah kebutuhan, minuman toh tetap tidak akan ada hentinya. Dan orang Indonesia itu sangat maniak dengan teh manis apalagi yang dingin. Makanya peluang usaha minuman teh ini bukan bisnis musiman

Peluang Usaha Jual Makanan

Anda sedang mencari sebuah ide bisnis? Peluang usaha jualan makanan adalah sektor paling sering menciptakan orang kaya mendadak. Yang tadinya hanya pemasak untuk kebutuhan keluarga, karena masakannya enak, maka dia buka warung kecil. Ternyata warung kecilnya itu selalu ramai, penuh sesak. Tidak sedikit usaha kecil-kecilan jualan makanan begini dibanjiri orang bermobil, yang datang karena informasi mulut ke mulut.
Itulah salah satu ide peluang usaha yang paling cocok untuk ditekuni, terlebih jika anda jago masak, atau punya kerabat, kenalan yang pintar masak makanan apap saja. Tanpa perlu manajemen yang canggih-canggih, tempat yang asri atau keren, makanan anda akan dikerubungi banyak orang. Sudah banyak tempat makan yang dipinggir jalan, bersih juga nggak, ngantrinya lama, tapi tetap disatroni banyak penikmat kuliner. Jangankan yang rumahnya dekat, bahkan orang dari luar kotapun – kalau makanan yang anda jual enak – pasti dibela-belain untuk dihampiri.
Anda bisa memulainya dengan mencari orang yang jago masak, atau katakanlah anda sendiri. Suruh masak masakan sesuatu, undang beberapa orang untuk mecicipi, tanyakan pendapat mereka. Kalau ada yang kurang pas, coba diotak-atik hingga mayoritas orang bilang : wah luar biasa enak!
Kalau mau diberi sentuhan modern, bisa saja difranchise-kan. Tinggal anda saja yang harus pintar-pintar menjaga citarasa makanan tersebut. Jangan sampai sistem franchise-nya lebih dominan ketimbang intisarinya : makanan yang lezat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar